Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 1439 H

Pukul 07.00 WIB pagi ini, siswa-siswi MIN Kedamean berkumpul di Masjid Besar Darussalam Kedamean yang terletak persis di sebelah selatan MIN Kedamean untuk melaksankan kegiatan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 1439 Hijriyyah.

Sholat Dhuha berjamaah
Acara diawali dengan sholat Dhuha berjamaah dan dilanjutkan dengan pembacaan Tahlil dan surah Yasin yang dipimpin oleh KH. M. Mahfud, S.Ag. 

Di bagian lain, di sebuah ruang kelas, beberapa orang guru dan karyawan sibuk membagi dan memasukkan buah-buahan dan jajanan ke dalam kantong-kantong plastik yang akan dibagikan kepada seluruh peserta didik MIN Kedamean. Buah dan jajanan tersebut berasal dari sumbangan para wali murid untuk turut merayakan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1439 H di MIN Kedamean.

Usai pembacaan Tahlil, para peserta diajak untuk mengikuti rangkaian acara inti Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 1439 H. 

Kepala MIn Kedamean, Mubin, M.Pd.I, memberikan sambutan
Diawali dengan pembukaan yang dilakukan oleh pembawa acara (Muifah, M.Pd.I) disusul pembacaan ayat suci Al-Qur'an oleh Muhammad Ruben Bahrul Kholiq (Kelas 3 A). Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari ketua Panitia (Imam Mukaffi, S.Pd.I) dan sambutan oleh Kepala MIN Kedamean (Mubin, M.Pd.I).

Shalawat Nabi
Acara kemudian diisi dengan mauidloh hasanah yang disampaikan oleh Hj. Siti Hartiyah, S.Pd.I (Ketua PAC Muslimat NU Kecamatan Kedamean). Selanjutnya Grup Hadrah Kelas 6 MIN Kedamean mendapat giliran tampil untuk menunjukkan kemampuan mereka membawakan Shalawat Nabi.

Rangkaian acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 1439 H di MIN Kedamean pun kemudian ditutup dengan pembacaan do'a oleh KH. M. Mahfud, S.Ag.

Selanjutnya, siswa-siswi MIN Kedamean secara berurutan -dimulai dari kelas 1- membubarkan diri dari Masjid Besar Darussalam dan berbaris rapi dalam antrian untuk mendapat bagian buah dan jajanan yang telah disiapkan untuk kemudian pulang ke rumah masing-masing.

Dokumentasi lainnya silakan intip di sini.

No comments:

Post a Comment