Peringatan Hari Pramuka Ke-56

Seperti hari Senin lainnya, pagi tadi seluruh siswa MIN Kedamean berkumpul di halaman madrasah untuk melaksanakan kegiatan rutin Upacara Bendera. Namun kali ini ada pemandangan yang sedikit berbeda. Seragam putih-hijau yang biasa mereka kenakan berganti dengan seragam coklat-coklat untuk kegiatan Pramuka lengkap dengan hasduk dan topinya. Begitu pula dengan para guru yang berbaris di depan, mereka pun mengenakan seragam yang sama.

Nuansa serba Pramuka begitu terasa. Belasan bendera Pramuka tertata rapi di sekeliling lapangan upacara. Berbagai atribut Pramuka tampak di mana-mana. Hari ini, 14 Agustus 2017 adalah Peringatan Hari Ulang Tahun Gerakan Pramuka Ke-56. Gugus Depan 04.047 - 04.048 MIN Kedamean turut memperingatinya dengan beragam kegiatan.

Gerakan Pramuka diperkenalkan kepada khalayak pada tanggal 14 Agustus 1961 sesaat setelah Presiden Republik Indonesia menganugrahkan Panji Gerakan Pramuka dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 448 Tahun 1961. Sejak itulah maka tanggal 14 Agustus dijadikan sebagai Hari Ulang Tahun Gerakan Pramuka.

Jika dalam kegiatan rutin upacara bendera dibacakan teks Pancasila dan Pembukaan UUD 1945, maka dalam Peringatan Hari Pramuka ditambahkan pembacaan Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka.

Usai upacara bendera, kegiatan Peringatan Hari Ulang Tahun Pramuka Ke-56 di MIN Kedamean dilanjutkan dengan lomba Pramuka antar kelas. Ada dua jenis permainan yang dilombakan yaitu Adu Cepat Memakai Seragam Pramuka (untuk kelas 1 - 3) dan permainan Ular Buta (untuk kelas 4 - 6).

Berkarya dan Bergembira Bersama Dalam Pramuka!

0 komentar:

Post a Comment

 
bloging tips