Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Kedamean Tahun 2017

KSM MI 2017
Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) Se-Kecamatan Kedamean Tahun 2017 telah dilangsungkan pada hari Rabu kemarin (03/05/2017). Kali ini yang ditunjuk sebagai tuan rumah adalah MI Ihyaul Ulum yang terletak di Dusun Miru Desa Banyuurip Kecamatan Kedamean Kabupaten Gresik.

Menjelang pukul 07.00 WIB halaman MI Ihyaul Ulum sudah mulai dipadati oleh para peserta KSM MI yang berasal dari seluruh Madrasah Ibtidaiyah di wilayah kecamatan Kedamean. Pada pukul 08.00 WIB acara pembukaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Kedamean Tahun 2017 dimulai.

Tepat pada pukul 08.30 WIB para peserta memasuki ruangan masing-masing sesuai dengan bidang kompetisi yang diikutinya. MIN Kedamean sendiri mengirimkan tiga wakil yaitu Hafizd Annada Nur Avina (Bidang Matematika + Agama), Zaskia Syafa Azizah (Bidang Bahasa Indonesia), dan Nadina Florida Tarawih (Bidang IPA + Agama).

Juara 1 KSM MI 2017
Nadina Florida Tarawih (tengah)
Usai mengerjakan soal, para peserta menunggu pengumuman pemenang KSM yang disampaikan pada pukul 12.30 WIB. Dan hasilnya, dari tiga perwakilan MIN Kedamean hanya satu anak yang berhasil menggondol trofi, yakni ananda Nadina Florida Tarawih yang dinyatakan sebagai Juara 1 Bidang IPA + Agama. Dengan status sebagai juara, Nadina berhak mewakili Kecamatan Kedamean dalam KSM MI tingkat Kabupaten.

Prestasi perwakilan MIN Kedamean dalam ajang KSM MI Kecamatan Kedamean tahun ini seolah mengulang prestasi pada KSM MI Tahun 2014 yang sama-sama hanya menempatkan seorang wakilnya sebagai juara. Ini tentu menjadi keprihatinan tersendiri mengingat pada ajang yang sama tahun 2016 kemarin perwakilan MIN Kedamean berhasil mengamankan 2 gelar juara. Bahkan jika dibandingkan dengan prestasi pada KSM MI Tahun 2015 yang mampu menyapu bersih semua gelar, maka prestasi tahun ini adalah sebuah degradasi.

Semoga hal ini dapat menjadi bahan evaluasi atas proses pembinaan peserta didik yang akan dikirim untuk mewakili MIN Kedamean dalam berbagai ajang sehingga torehan prestasi akan semakin meningkat setiap tahunnya.

Dokumentasi selengkapnya intip di sini.

No comments:

Post a Comment