Buku Guru : Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas 6 MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi Tahun 2016

buku guru mata pelajaran sejarah kebudayaan islam untuk kelas 6 madrasah ibtidaiyah
PETUNJUK PENGGUNAAN BUKU

Untuk mengoptimalkan penggunaan buku ini, pahamilah terlebih dahulu petunjuk berikut ini:

1. Bacalah bagian pendahuluan untuk memahami konsep utuh Sejarah Kebudayaan Islam, serta memahami Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar dalam kerangka Kurikulum 2013;

2. Setiap bab berisi : Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Indikator, Tujuan Pembelajaran, Materi Pokok, Proses Pembelajaran, Penilaian, Pengayaan, Remedi, Interaksi Guru dengan Orangtua;

3. Pada sub-bab tertentu penomoran Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar tidak berurutan. Hal itu menyesuaikan dengan tahap pencapaian Kompetensi Dasar;

4. Guru perlu mendorong peserta didik untuk memperhatikan rubrik-rubrik yang terdapat dalam buku teks pelajaran sehingga perhatian peserta didik menjadi fokus.
    Adapun rubrik-rubrik tersebut antara lain:
a. Kegiatan : berisi aktivitas yang harus peserta didik lakukan untuk memahami materi.
b. Insya Allah Aku Bisa : berisi sikap atau perilaku yang diharapkan dilakukan peserta didik terkait dengan pesan/amanat dalam pembelajaran bermakna.
c. Hikmah : berisi pernyataan untuk memperkuat pemahaman konsep, penekanan sikap atau penguatan keyakinan peserta didik yang berupa mutiara hikmah, maqalah, hadits atau ayat.
d. Rangkuman : berisi poin-poin penting dalam pembelajaran.
e. Ayo berlatih : berisi soal-soal untuk mengukur penguasaan peserta didik terhadap materi yang dibahas.
f. Tugasku : berisi tugas yang harus dikerjakan peserta didik di rumah.
g. Rubrik Ayo Bernyanyi dan Ayo Bershalawat: : untuk penguatan pembelajaran yang menyenangkan sesuai dengan perkembangan peserta didik.

Dalam pelaksanaannya, sangat mungkin dilakukan pengembangan yang disesuaikan dengan potensi peserta didik, guru, sumber belajar, dan lingkungan.

Silakan klik tombol hitam yang ada di pojok kanan atas buku untuk dapat melakukan cetak (print) atau download gratis atas Buku Guru Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VI (enam) Madrasah Ibtidaiyah (MI) Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Edisi Revisi Tahun 2016 berikut ini.

No comments:

Post a Comment