Halal Bi Halal Di Hari Pertama Masuk Sekolah

18 Juli 2016 adalah hari pertama masuk sekolah/madrasah bagi siswa seluruh Indonesia di Tahun Pelajaran Baru 2016/2017. Begitu pentingnya hari ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Anies Baswedan pun mengeluarkan imbauan kepada seluruh orangtua untuk mengantarkan anaknya di hari pertama sekolah, bahkan berupaya untuk menjadikannya sebagai tradisi. Menurut Mendikbud, gerakan mengantar anak ke sekolah di hari pertama merupakan salah satu cara orangtua dan pihak sekolah untuk membangun komunikasi. Dengan begitu, orangtua dapat sepenuhnya mempercayakan anak mereka kepada institusi sekolah/madrasah.

Dalam suasana mendung pagi tadi, para siswa dan wali murid yang mengantar anaknya sudah hadir di lingkungan madrasah sejak pukul 06.15 WIB. Dan tepat pada pukul 06.30 WIB kegiatan Hari Pertama Masuk Sekolah Tahun Pelajaran 2016/2017 di MIN Kedamean dimulai. Seluruh siswa -termasuk peserta didik baru- berbaris di halaman madrasah sesuai dengan kelas masing-masing. Dan para wali murid yang didominasi oleh orangtua peserta didik baru pun turut serta mengikuti (di luar barisan) apel pagi yang berisi sambutan dan ucapan selamat datang kepada siswa baru oleh Kepala MIN Kedamean, bapak Mubin, M.Pd.I.

Mengingat masih dalam suasana Idul Fitri, maka usai apel pagi acara dilanjutkan dengan Halal Bi Halal. Diiringi bacaan Shalawat Nabi yang dilantunkan oleh bapak Moch. Agam, S.Pd.I, satu per satu siswa MIN Kedamean berjalan dengan tertib untuk bersalaman dengan bapak dan ibu guru yang telah berbaris rapi di depan kantor madrasah.

Setelah Halal bi Halal, seluruh siswa masuk ke dalam kelas masing-masing untuk perkenalan dan ramah tamah dengan wali kelas baru mereka. Pemandangan menarik terlihat di luar ruang kelas 1 (satu). Para wali murid yang mengantar anaknya di hari pertama ke sekolah bergerombol di depan ruangan kelas sambil mengintip dari balik jendela kegiatan anaknya di dalam kelas.

Di sudut yang lain tampak para pegawai Koperasi Sekolah MIN Kedamean sedikit kewalahan melayani serbuan wali murid yang ingin segera melengkapi peralatan sekolah anaknya.

Semoga antusiasme di awal tahun pelajaran baru ini berlangsung terus sepanjang tahun sehingga gairah kegiatan belajar mengajar di MIN Kedamean senantiasa terjaga dalam ritme yang sama.

--------
Galeri foto Halal Bi Halal Di Hari Pertama Masuk Sekolah

0 komentar:

Post a Comment

 
bloging tips