Sosialisasi Kader UKS Tentang Sanitasi


Sanitasi adalah suatu usaha pencegahan penyakit yang menitikberatkan kegiatannya kepada usaha-usaha kesehatan lingkungan hidup manusia.

Materi tentang sanitasi itulah yang menjadi pembahasan pada sosialisasi dan pembinaan yang dilakukan oleh kakak-kakak anggota Unit Kesehatan Sekolah (UKS) SMA Negeri 1 Kedamean kepada para kader UKS MIN Kedamean pada hari Selasa (15/03/2016) kemarin.

Mengingat materi sanitasi yang begitu luas maka pada pembinaan kader UKS kali ini lebih difokuskan pada kebersihan air di kamar mandi dan WC.

Kondisi kamar mandi dan WC di lingkungan MIN Kedamean sebenarnya cukup bersih, tapi karena didesain menggunakan bak air terbuka maka potensi untuk menjadi sarang nyamuk pun cukup tinggi. Karenanya dikhawatirkan akan menjadi sumber penyebaran penyakit berbahaya yang dapat menular melalui gigitan nyamuk seperti Malaria, Demam Berdarah Dengue (DBD), Kaki Gajah, Chikungunya, dan yang terbaru adalah virus Zika.

Untuk itu selain memberikan sosialisasi tentang menjaga kebersihan air, para anggota UKS SMA Negeri 1 Kedamean juga mempraktekkan cara memberikan abate pada air dalam bak mandi sebagai salah satu cara pencegahan berkembangnya jentik-jentik nyamuk yang menjadi penyebar berbagai penyakit tersebut di atas.

0 komentar:

Post a Comment

 
bloging tips