Sosialisasi Kader UKS Tentang Sanitasi

sosialisasi sanitasi sehat

Sanitasi adalah suatu usaha pencegahan penyakit yang menitikberatkan kegiatannya kepada usaha-usaha kesehatan lingkungan hidup manusia.

Materi tentang sanitasi itulah yang menjadi pembahasan pada sosialisasi dan pembinaan yang dilakukan oleh kakak-kakak anggota Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) SMA Negeri 1 Kedamean kepada para kader UKS MIN Kedamean pada hari Selasa (15/03/2016) kemarin.

menjaga bak mandi bebas dari jentik nyamukMengingat materi sanitasi yang begitu luas maka pada pembinaan kader UKS kali ini lebih difokuskan pada kebersihan air di kamar mandi dan WC.

Kondisi kamar mandi dan WC di lingkungan MIN Kedamean sebenarnya cukup bersih, tapi karena didesain menggunakan bak air terbuka maka potensi untuk menjadi sarang nyamuk pun cukup tinggi. Karenanya dikhawatirkan akan menjadi sumber penyebaran penyakit berbahaya yang dapat menular melalui gigitan nyamuk seperti Malaria, Demam Berdarah Dengue (DBD), Kaki Gajah, Chikungunya, dan yang terbaru adalah virus Zika.

Untuk itu selain memberikan sosialisasi tentang menjaga kebersihan air, para anggota UKS SMA Negeri 1 Kedamean juga mempraktekkan cara memberikan abate pada air dalam bak mandi sebagai salah satu cara pencegahan berkembangnya jentik-jentik nyamuk yang menjadi penyebar berbagai penyakit tersebut di atas.

No comments:

Post a Comment